Street Workout dan Calisthenics Bersama Barstunt Semarang

Kegiatan olahraga rutin saya dimulai pada Agustus 2016 (selengkapnya bisa dibaca di artikel Cara Sehat Menaikkan Berat Badan). Dari home workout untuk pemula yang panduannya saya dapatkan dari internet, lalu yoga dengan latihan-latihan pernapasan dan fleksibilitasnya, hingga kalistenik (calisthenics) yang baru saya kenal belakangan.

Selama sekitar 2,5 tahun saya memadukan bodyweight workout dan latihan fleksibilitas dalam jadwal rutin latihan. Latihan sendiri tanpa pelatih, tanpa teman, hanya mengikuti panduan yang saya dapat dari internet, serta menyesuaikan kondisi tubuh. Dan selama itu pula saya tidak pernah kehilangan motivasi karena banyak gerakan yang ingin saya praktikkan dan kuasai.

Ketika sedang bosan latihan di dalam ruangan, saya turun ke lapangan atau ke jalan di area tempat tinggal untuk lari pagi atau sore dan latihan fleksibilitas. Kadang beberapa rekan kerja mengajak olahraga bareng, tapi hanya sempat berjalan beberapa kali karena kesibukan masing-masing.

Lalu, di masa liburan akhir tahun 2018 datanglah rasa jenuh itu. Bosan latihan sendiri. Semangat hampir surut. Walaupun dua adik saya olahraga juga di rumah, kami punya program latihan sendiri-sendiri, jadi tidak pernah latihan bareng. Maka, saya memutuskan untuk mencari komunitas olahraga yang ada di Semarang melalui internet.

Setelah mencoba beberapa kata kunci, saya pun menemukan Barstunt Semarang, sebuah komunitas street workout dan calisthenics. Media sosial yang aktif yaitu instagram dengan akun @barstuntsmg. Tempat latihannya di lapangan tenis GOR Tri Lomba Juang setiap hari Senin-Jumat pk 16.00. Dilihat dari postingan terakhir dan update story-nya, tampaknya komunitas ini cukup aktif.

Pada 2 Januari 2019 untuk pertama kalinya saya bergabung dengan Barstunt. Sejak itu saya rutin ikut latihan bersama Barstunt setidaknya 2 kali seminggu. Semangat berolahraga pun meningkat lagi.

Informasi yang saya dapat mengenai kalistenik yaitu kalistenik merupakan bentuk latihan dengan cara memaksimalkan penggunaan berat tubuh kita sendiri dalam proses membentuk otot. Kalistenik berfokus kepada ketahanan dan kekuatan otot. Dalam pembentukan otot, kalistenik menggunakan banyak otot dalam satu gerakan. Setelah sekian lama latihan di rumah, latihan kalistenik bersama Barstunt mengaktifkan otot-otot yang selama ini kurang dilatih.

Sebenarnya olahraga yang saya lakukan di rumah juga termasuk dalam kalistenik karena memanfaatkan berat tubuh tanpa peralatan khusus. Namun, masih belum meliputi semua bentuk latihan kalistenik. Setelah ikut latihan dengan Barstunt, saya pun mulai berlatih gerakan-gerakan yang menggunakan palang (bar), seperti australian pull up dan australian chin up (karena sama sekali belum bisa pull up maupun chin up). Bentuk latihan yang baru buat saya karena belum pernah latihan dengan palang. Alhasil, setelah beberapa hari pertama latihan, otot-otot lengan dan punggung bagian atas pegal luar biasa.

Selain mendapat menu latihan yang baru di Barstunt, saya juga mendapat teman-teman baru. Teman-teman Barstunt sangat terbuka pada pendatang baru. Walaupun kadang menu latihannya agak berat, tapi terasa menyenangkan karena dilakukan bersama-sama. Banyak gerakan dan trik kalistenik yang menarik untuk dipelajari. Dengan adanya dukungan dan arahan dari teman-teman yang sudah lebih menguasai, jadi semakin semangat untuk berlatih.

Mulai 25 Februari 2019, setelah bar yang baru selesai dibangun, lokasi latihan sudah berpindah ke area lapangan utama GOR Tri Lomba Juang di sebelah Loop Arena. Latihan bersama Barstunt tidak dipungut biaya alias gratis dan terbuka bagi siapa saja. Setiap kali latihan anggota yang hadir sekitar 10-20 orang. Bagi para pemula tidak perlu malu atau takut untuk bergabung karena menu latihan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Untuk info lebih lengkap, silakan kunjungi website resmi Barstunt Semarang atau media sosialnya di @barstuntsmg.

Komunitas street workout juga ada di kota-kota lain. Temukan komunitas street workout di kotamu dengan kata kunci “street workout [nama kota]” atau cek di @streetworkoutid_team. Kalau belum ada, mungkin kamu dan teman-temanmu bisa menjadi pemrakarsa.

Tinggalkan komentar